5729

HARI INI 90
BULAN INI 5729
TAHUN INI 1739

PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN DOMESTIK

Publish Kamis, 21 Maret 2024

Dibaca 144 kali

Sidoarjo- Dalam rangka penjaminan mutu dan keamanan ikan segar dan olahan hasil perikanan untuk konsumsi masyarakat Sidoarjo BPPMHKP Surabaya I bersama Dinas Perikanan Kab. Sidoarjo melaksanakan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Domestik di Pasar Modern yang berlokasi di Super Indo Jl. Jenggolo No.27 - 29, Pucang, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

 

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah implementasi dari Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Dengan instruksi pada nomor 6 huruf a meningkatkan dan memperluas pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pada masyarakat; dan b. mengawasi mutu dan keamanan hasil perikanan.

Pelaksanaan kegiatan meliputi observasi lapang dan pengambilan sampel berbagai jenis komoditi perikanan dan hasil olahan perikanan, selanjutnya dilakukan pengujian parameter mutu hasil perikanan meliputi pengujian  secara organoleptik, pengujian bakteriologi dan mikrobiologi  dan pengujian kimia untuk memastikan hasil perikanan yang diperjualbelikan memenuhi standar keamanan mutu hasil perikanan dalam rangka Penyediaan Pangan Sehat.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat memperoleh jaminan produk hasil perikanan yang sehat, higienis, bermutu dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Bagikan :

Loading...